Jangan Tergesa-gesa Ungkapkan Cinta

16 Maret 2010 pukul 11:22 | Ditulis dalam Menuju dijalan-Nya | 1 Komentar
Tag:

“Tergesa-gesa Itu perbuatan atau langkah setan” Begitu Pesan Al-Asham Rahimatullah.

Tergesa-gesa itu memang tidak baik Karena Biasanya Orang yang tergesa-gesa dalam melakukan sesuatu hal, akan banyak yang tercecer maupaun yang terluka.

Di samping itu, Hasilnya Pasti kurang sempurna. Tapi Jangan Salah Loh, Tergesa-gesa itu juga di anjurkan, bahkan tergesa-gesa menyuguh tamu, tergesa-gesa menangani pengurusan jenazah, tergesa mengawinkan anak perempuan bila telah baligh, tergesa membayar hutang setelah tiba saat pembayaraan, dan tergesa bertaubat jika terlanjur berbuat dosa.

Demikian Pesan Lengkap Hatim al-Asham.(nasehat Penghuni Dunia, an-Nawawi al-atsQalani, 1983, Bab V, maqalah 20, h.148)

BErhubung Jatuh Cinta ga termasuk dalam 5 hal yang di sunahkan Rosul di atas maka tergesa-gesa mengungkapkan cinta bisa jadi merupakan bagian dari langakah setan.Maksudnya, merupakan langkah konyol yang hanya akan merugikan diri kita sendiri, misalnya, ketika jatuh cinta pada seseorang, lalu ita tergesa mengungkapin cinta ke si dia hanya lantaran tiba2 naksir abis, Padahal kita belum tahu persis tentang siapa dia, gimana sifatnya, orang baik atau nggak, mudah tersinggung atau ga, waras atau tidak, dan seterusnya Kita Bisa Menyesal Lantaran yang kita inginkan ternyata tak ada pada dirinya.

Kita bisa malu setengah mati karena ternyata ia sudah punya suami. kita Bisa Spontan Pingsan Karena ternyata ia Banci “ngakunya Tesy Ternyata Paidi”, dan lain-lain.

Bukankah Allah SWT juga sudah berfirman bahwa bisa jadi kita membenci sesuatu, tetapi itu justru baik buat kita, dan bisa jadi pula kita mencintai (jatuh cinta pada) sesuatu, tapi justru tak baik buat kita ?!

Nah, sekarang semakin jelas kan bahwa tergesa-gesa itu ngga baik?! Apalagi Dalam urusan Cinta. Untuk itu, kudu ati-ati, sebab salah menjatuhkan cinta, urusan bisa berabe dech! tul nggak?

1 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ide yang orisinil dari tafsiran pribadi sebuah hadist, bagus.

    oya, kalo untuk menyuguhi tamu, membayar hutang dll saya pikir lebih tepatnya “menyegerakan” karena konotasinya lebih positif.

    menurut saya saja, karena dalam KBBI, tergesa-gesa (gesa) bisa juga berarti ; lekas, terburu-buru, tergopoh-gopoh.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: